Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi


Visi, MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN Fisika

Visi Kelembagaan

“Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam pengembangan Pendidikan Fisika dan Ilmu Fisika berstandar internasional yang mengintegrasikan keilmuan, keislaman dan keindonesiaan pada 2045. ”

Visi Keilmuan

"Mengembangkan keilmuan pendidikan dalam menghasilkan inovasi pembelajaran fisika yang adaptif dan integratif dengan memadukan keilmuan pendidikan, fisika, teknologi, dan nilai-nilai Islam."

Misi

Misi Prodi Tadris Fisika dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang mampu mengintegrasikan ilmu fisika,      teknologi, dan nilai-nilai Islam.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang fisika dan pembelajaran.
  3. Menyebarluaskan hasil kajian bidang pendidikan fisika melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  4. Menyebarluaskan hasil kajian bidang pendidikan Fisika melalui kegiatan publikasi, baik melalui jurnal ataupun prosiding melalui seminar, konferensi nasional, dan internasional bereputasi.

tujuan

Tujuan Kelembagaan
Secara Kelembagaan Prodi Tadris Fisika memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang beriman dan berakhlak mulia serta mampu mendeskripsikan pengetahuan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian yang menunjang pengembangan ilmu fisika.
  3. Menghasilkan produk-produk penelitian yang menunjang pengembangan pembelajaran fisika, baik di madrasah maupun sekolah agar memiliki kualitas yang lebih baik.
  4. Menyelenggarakan diskusi dari hasil kajian bidang pendidikan fisika melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya guru fisika dalam bentuk studium generale, workshop, atau seminar.
  5. Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan hasil kajian bidang pendidikan fisika melalui publikasi baik melalui jurnal ataupun prosiding melalui seminar, konferensi nasional, dan internasional bereputasi melalui dasar kolaborasi.
  6. Terwujudnya kualitas layanan pengelolaan administrasi program studi berbasis IT yang mendukung proses pembelajaran, dan berimplikasi pada keunggulan komparatif lulusan melalui sistem layanan yang efisien dan efektif.
Tujuan Keilmuan
Berdasarkan Keilmuan yang dimiliki Program studi Tadris Fisika, bertujuan untuk:
  1. Menghasilkan calon pendidik dan pengajar fisika untuk MA/SMA yang memiliki keahlian mendalam dalam fisika dan pembelajarannya, mampu mengintegrasikan teknologi dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan.
  2. Menghasilkan asisten peneliti di bidang pendidikan fisika yang mampu melakukan penelitian inovatif dan relevan untuk pengembangan ilmu fisika dan pembelajarannya.
  3. Menghasilkan calon pendidik dan pengajar IPA untuk SMP/MTS yang terampil dalam mengajar fisika, biologi, dan kimia dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan adaptif.
  4. Menghasilkan pengelola laboratorium sekolah yang kompeten dalam mengelola laboratorium fisika dan IPA, menerapkan praktikum yang efektif dan aman.
  5. Menghasilkan pengelola lembaga pendidikan yang mampu mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan fisika dengan inovasi dan kualitas tinggi.
  6. Menghasilkan wirausahawan di bidang pendidikan fisika yang inovatif, mampu mengembangkan bisnis pendidikan yang berkelanjutan dan berdampak luas.

Strategi

Strategi Pencapaian Kelembagaan
Strategi Kelembagaan untuk mencapai tujuan Prodi dilakukan melalui:
  1. Pengintegrasian nilai keilmuan, keislaman dan keindonesiaan dalam setiap mata kuliah.
  2. Pengamalan nilai-nilai Islami dalam kehidupan kampus.
  3. Peningkatan kemampuan lulusan dalam bidang minat dan bakat serta penalaran.
  4. Meningkatkan Penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.
  5. Peningkatan Penelitian Kolaborasi dengan institusi luar negeri.
  6. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian.
  7. Kolaborasi dengan institusi dalam dan luar negeri untuk pengembangan pendidikan fisika.
  8. Peningkatan mutu penelitian dosen dan mahasiswa.
  9. Menjalin kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan berbagai institusi.
  10. Pembinaan terprogram dan berkelanjutan terhadap institusi/lembaga pendidikan dan komunitas/masyarakat.
  11. Peningkatan kualitas pengabdian dosen kepada masyarakat.
  12. Penguatan kemampuan literasi ICT dalam pengembangan ilmu pendidikan fisika.
Strategi Pencapaian Visi dan Tujuan Keilmuan Program Studi
Untuk mencapai visi dan Tujuan Program studi dilakukan strategi dengan cara:
  1. Mengintegrasikan pembelajaran adaptif dalam kurikulum untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya sendiri, memanfaatkan teknologi terkini.
  2. Mengembangkan keterampilan pedagogis dan penelitian mahasiswa melalui praktikum, proyek, dan penelitian yang berorientasi pada masalah nyata dan inovasi pendidikan.
  3. Menyediakan pelatihan dan sumber daya untuk pengembangan profesional berkelanjutan bagi dosen dan mahasiswa, dengan fokus pada inovasi pembelajaran dan integrasi teknologi.
  4. Membangun kemitraan dengan sekolah, universitas, dan lembaga penelitian lainnya untuk memperluas kesempatan belajar dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen.
  5. Mendorong kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni melalui inkubator bisnis dan dukungan untuk startup di bidang pendidikan fisika.
  6. Mengadopsi pendekatan multidisiplin dalam pengajaran dan penelitian, memungkinkan integrasi ilmu fisika dengan bidang lain seperti teknologi informasi, biologi, dan kimia untuk memperkaya proses pembelajaran.
  7. Mengimplementasikan evaluasi dan penilaian yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dan untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dan inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran.
Rencana Strategis Jangka Panjang Pencapaian VMTS Kelembagaan
Tahapan pengembangan Program Studi jangka panjang 2020-2045 dibagi dalam lima tahapan:
  • Tahap I (2020-2024)

Sebagai tahap Pengembangan Keunggulan Program studi. Fokus tahap ini adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dan layanan pengelolaan administrasi program studi berbasis IT yang mendukung proses pembelajaran, dan berimplikasi pada keunggulan komparatif lulusan melalui sistem layanan yang efisien dan efektif.

  • Tahap II (2025-2029)

Sebagai tahap Pengembangan Keunggulan Program studi. Fokus tahap ini adalah peningkatan kerjasama dan kualitas penyelenggaraan tridarma PT dan tingkat profesionalitas lulusan yang salah satunya tercermin pada level akreditasi.

  • Tahap III (2030-2034)

Sebagai tahap Peningkatan Komparatif program studi. Fokus tahap ini adalah upaya peningkatan kualitas SDM.

  • Tahap IV (2035-2039)

Sebagai tahap Peningkatan Aliansi Strategis skala Global. Fokus tahap ini adalah peningkatan intensitas dan kinerja dengan memanfaatkan jejaring kolaborasi nasional dan partnership internasional, peran serta lembaga dalam penyelesaian isu-isu global dan internasional dalam bidang yang relevan dengan tujuan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

  • Tahap V (2040-2045)

Sebagai tahap Pemantapan Pengakuan Global. Fokus tahapan ini adalah pengokohan kolaborasi, partnership penelitian internasional, dan kontribusi keilmuan bagi masyarakat global.

Rencana strategis jangka panjang untuk pencapaian visi dan tujuan keilmuan
  • Tahap II (2025-2029): Pengembangan Keunggulan Akademik dan Profesionalisme
  1. Pengembangan Kurikulum: Mengintegrasikan teknologi dan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum fisika, memastikan pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
  2. Pelatihan Dosen: Melaksanakan program pelatihan untuk dosen dalam penggunaan teknologi pendidikan dan metode pembelajaran inovatif.
  3. Infrastruktur IT: Meningkatkan infrastruktur IT untuk mendukung pembelajaran online dan hibrida, termasuk laboratorium virtual dan platform pembelajaran.
  • Tahap I (2020-2024) : Pengembangan Keunggulan dalam Pembelajaran dan Administrasi
  1. Kolaborasi Akademik: Meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan lain, industri, dan lembaga penelitian untuk pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik.
  2. Akreditasi: Mengejar akreditasi internasional untuk program dan kurikulum, menegaskan kualitas dan relevansi pendidikan yang disediakan.
  3. Pengembangan Profesional Mahasiswa: Menyelenggarakan workshop, seminar, dan magang dengan fokus pada aplikasi praktis ilmu fisika, teknologi pendidikan, dan kewirausahaan.
  • Tahap III (2030-2034): Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
  1. Rekrutmen Dosen dan Peneliti: Menarik dosen dan peneliti terkemuka di bidang fisika, pendidikan, dan teknologi, dengan latar belakang yang kuat dalam integrasi nilai-nilai Islam.
  2. Pengembangan Kepemimpinan: Mengembangkan program kepemimpinan untuk calon pendidik dan pengelola lembaga pendidikan, mempersiapkan mereka untuk peran strategis dalam pendidikan fisika.
  3. Penelitian dan Inovasi: Mendorong penelitian inovatif di antara dosen dan mahasiswa, dengan fokus pada pembelajaran adaptif, pengembangan media pembelajaran, dan integrasi teknologi dalam pendidikan fisika.
  • Tahap IV (2035-2039): Peningkatan Aliansi Strategis dan Kontribusi Global
  1. Jejaring Global: Memperkuat jaringan dengan universitas dan lembaga penelitian internasional, mempromosikan pertukaran ilmiah dan kolaborasi penelitian.
  2. Kontribusi pada Isu Global: Berkontribusi pada solusi pendidikan untuk isu global, seperti perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, melalui inovasi dalam pendidikan fisika.
  3. Pengembangan Teknologi Pembelajaran: Inovasi dalam teknologi pembelajaran, termasuk AI dan pembelajaran mesin, untuk personalisasi pengalaman belajar dan meningkatkan akses pendidikan.
  • Tahap V (2040-2045): Pemantapan Pengakuan Global
  1. Pengakuan Internasional: Memantapkan posisi program sebagai pemimpin dalam pendidikan fisika yang inovatif dan integratif di panggung global.
  2. Publikasi dan Diseminasi: Meningkatkan jumlah publikasi di jurnal internasional dan partisipasi dalam konferensi global, menyebarluaskan penelitian dan inovasi yang dilakukan oleh program.
  3. Kolaborasi Industri: Memperluas kemitraan dengan industri untuk menerapkan inovasi pendidikan fisika dalam praktik, memastikan relevansi dan dampak nyata pada masyarakat dan ekonomi.
Rencana Strategis Jangka Pendek (dapat dilihat tiap tahap/4 tahun)

Membangun keunggulan akademik yang dijabarkan dalam tujuan dan strategi dengan melakukan sinergi dan kolaborasi di antara para pimpinan program studi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan unit lain yang terkait di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rencana Starategi Jangka pendek di tuangkan dalam Indek Kinerja Utama (IKU) Program Studi

SURVEY VISI MISI PROGRAM STUDI

Yth. Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Civitas Akademika Tenaga Pendidik, Dosen, Alumni dan Pengguna alumni.

Program Studi Tadris Fisika FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

Berikut ini adalah kuesioner untuk melakukan evaluasi yang dilakukan Program Studi Program Studi Tadris Fisika FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai upaya untuk mensosialisasikan Visi dan Misi serta mengukur pemahaman atas visi dan misi tersebut.

Mohon kepada para alumni, Mahasiswa, Tendik dan Dosen untuk mengisi survey terkait visi misi Program Studi Tadris Fisika berikut ini:

Isi Survey

Hasil Survey Sementara: